Setia, Yulia (2022) Kajian Pandangan Martin Luther tentang Sinergi antara Gereja, Sekolah dan Keluarga dalam Pendidikan iman Anak di masa Pascapandemi. [UNSPECIFIED]
PDF Download (265Kb) | ||
PDF Download (2677Kb) | ||
| PDF (Paper_Yulia S) Download (1918Kb) | Preview |
Abstract
Pendidikan iman bagi anak sangat penting. Berbagai upaya telah dilakukan oleh gereja, sekolah Kristen, dan keluarga untuk memberikan pendidikan iman kepada anak. Namun, di masa pandemi banyak hal yang berubah, termasuk bagaimana pendidikan iman bagi anak dilakukan oleh setiap lembaga tersebut. Dalam artikel ini, penulis ingin mengkaji pandangan Martin Luther, mengenai pandangannya tentang sinergi gereja, sekolah dan rumah dalam menyelenggarakan pendidikan iman. Semasa hidupnya, Luther juga mengalami pandemi yang sering dikenal dengan Black Death yang menyebar di Eropa pada abad ke-14 hingga ke-17. Luther melihat kondisi pendidikan iman bagi anak-anak sangat buruk. Kondisi gereja, sekolah dan keluarga ternyata sangat bobrok terlihat dari rendahnya kualitas iman jemaat. Pada akhirnya, Luther banyak memberikan pandangannya melalui khotbah, surat, dan tulisan lainnya. Secara metodologis, artikel ini menggunakan studi pustaka yang akan memaparkan dan menelaah pandangan Luther mengenai peran gereja, sekolah dan rumah, serta sinergi yang harus dilakukan. Setelah itu penulis akan mengkontekstualisasikan pada pasca pandemi dan memberikan saran konstruktif apa yang bisa dilakukan oleh ketiga lembaga tersebut dalam mendidik iman anak. Maka dapat disimpulkan bahwa sinergi antara gereja, sekolah dan rumah untuk mendidik iman anak sangatlah penting. Anak mendapatkan pendidikan iman yang holistik jika ketiga lembaga pendidikan tersebut bekerja sama dalam menjalankan perannya.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gereja; Keluarga; Pendidikan iman; Post-Pandemi; Reformasi; Rumah; Sekolah; Sinergi. |
Subjects: | L Education |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 16:03 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 10:36 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/19887 |
Actions (login required)
View Item |