Muljosumarto, Cindy and JESSICA, STEPHANIE and NAFTALI, JOAN JONA (2022) Perancangan Strategi Visual Branding C&F Laundry Service Cerme,Gresik Secara Online Saat Pandemi Covid-19. In: Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2022, 22-08-2022 - 22-08-2022, Surabaya - Indonesia.
PDF Download (968Kb) | |
PDF Download (141Kb) |
Abstract
Pandemi Covid-19 telah mengubah dinamika seluruh sektor industri, tidak terkecuali industri UMKM yang bergerak dibidang jasa. C&F Laundry Service Cerme merupakan UMKM yang sudah dirintis cukup lama, namun persaingan yang meningkat ditambah semakin maraknya industri UMKM bermunculan sejak pandemi, mendorong C&F Laundry Service Cerme memperhatikan kembali strategi brandingnya. Dimulai dari visual branding C&F Laundry yang ternyata hanya dibuat sekedarnya, C&F Laundry ingin memperbaiki dan membuat strategi branding yang lebih terarah. Oleh karena itu, kami bekerjasama dalam projek ini didukung dengan 2 mahasiswa untuk merumuskan strategi branding dan visual branding yang tepat untuk C&F Laundry dalam menghadapi problemnya serta untuk meningkatkan brand awareness C&F Laundry. Metode yang kami gunakan adalah metode kualitatif yang dilakukan secara daring dikarenakan kondisi pandemi covid-19. Kami melakukan wawancara mendalam dengan pemilik, observasi menggunakan teknik sampling, diskusi mendalam dan melibatkan pemilik secara aktif untuk menggali data yang lebih akurat. Kemudian kami melakukan proses analisa data dengan teori branding, hingga merumuskan konsep yang sesuai dan penyelesaian dalam usulan desain visual branding. Hasilnya adalah panduan visual branding untuk C&F Laundry yang baru dan aplikasi desain pada media sosial untuk brand activation. Berdasarkan panduan ini, pemilik juga merenovasi bangunan fisik C&F Laundry sehingga sesuai dengan strategi yang sudah dirumuskan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information: | Tidak ada prosiding karena ditawarkan untuk diterbitkan pada Jurnal Abdimas Prapanca |
Uncontrolled Keywords: | Pengabdian Masyarakat, Visual Branding, UMKM Laundry, Covid-19, Metode Daring |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Faculty of Art and Design > Visual Communication Design Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 01:15 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 15:31 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20169 |
Actions (login required)
View Item |