Logo

Perancangan Buku Bergambar sebagai Media Edukasi Sopan Santun Anak

LAURENSIA, LEMONG, JULIANA and Yuwono, Elisabeth Christine and Yusuf, Vanessa (2023) Perancangan Buku Bergambar sebagai Media Edukasi Sopan Santun Anak. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (1318Kb)
    [img] PDF
    Download (4Mb)

      Abstract

      Sopan santun merupakan aspek penting dalam hidup bermasyarakat. Namun seiring dengan perkembangan zaman, terdapat beberapa pergeseran budaya salah satunya adalah budaya sopan santun. Anak-anak seringkali tidak menyadari cara bersopan santun dalam hidup sehari-hari. Karena permasalahan ini, sopan santun perlu diajarkan kembali kepada anak sejak usia dini. Salah satu media yang dapat digunakan adalah melalui buku bergambar. Media ini dipilih karena buku bergambar merupakan media yang dekat dan masih disukai oleh anak. Selain itu, anak juga lebih tertarik melihat gambar yang lebih banyak daripada tulisan. Tujuan perancangan adalah untuk merancang buku bergambar dengan menerapkan piramida belajar Edgar Dale, yaitu pembelajaran yang dipraktikkan sehingga menjadi kebiasaan baru. Metode yang dilakukan untuk melakukan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif melalui studi literatur. Ide unik yang diangkat pada perancangan buku bergambar ini adalah fitur interaktif berupa lembar aktivitas sopan santun. Fitur ini dapat diakses melalui kode QR pada berkas jurnal daring. Selain anak belajar mengenai sopan santun melalui cerita, anak juga bisa mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari dan kemudian mengingat kembali dengan mengisi lembar aktivitas melalui media buku bergambar ini.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Uncontrolled Keywords: Buku bergambar, Lembar aktivitas, Piramida Belajar, Media Edukasi, Sopan santun
      Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
      L Education
      Divisions: Faculty of Art and Design > Visual Communication Design Department
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 02 Feb 2023 00:41
      Last Modified: 10 Mar 2023 21:40
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20182

      Actions (login required)

      View Item