Logo

Minimasi Jarak Transportasi Pengiriman Barang Pada Perusahaan Distribution Center Surabaya Menggunakan Software Anylogistix.

Sepadyati, Nova and PRAYOGO, LEONORE DEANDRA and ULIN, JESSE AVELINE and CHANDRA, JOSEPHINE NATHANIA and FREDERIKA, VIRGIE (2023) Minimasi Jarak Transportasi Pengiriman Barang Pada Perusahaan Distribution Center Surabaya Menggunakan Software Anylogistix. In: SENTI (Seminar Nasional Teknik Industri), 10-08-2023 - 10-08-2023, Yogyakarta - Indonesia.

[img] PDF
Download (634Kb)
    [img] PDF
    Download (1917Kb)
      [img]
      Preview
      PDF (cek plagiasi - Nova S)
      Download (1922Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (paper - Nova S)
        Download (4Mb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF (korespondensi - Nova S)
          Download (4066Kb) | Preview

            Abstract

            Pengiriman barang pada perusahaan Distribution Center Surabaya masih dilakukan untuk pengiriman ke satu lokasi tujuan (single drop) dan penggunaan moda transportasi disesuaikan dengan volume permintaan pelanggan. Sistem pengiriman barang dirasa kurang efisien sehingga dilakukan pengalokasian barang dari moda transportasi kecil menjadi moda transportasi besar dan pengiriman barang dilakukan ke beberapa lokasi tujuan sekaligus (multidrop) untuk meminimasi jarak rute pengiriman barang. Masalah penentuan rute optimal untuk meminimalkan jarak rute pengiriman dengan memperhatikan kapasitas kendaraan termasuk dalam Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows yang dapat diselesaikan dengan simulasi menggunakan bantuan software Anylogistix. Simulasi dimulai dengan pemilihan jenis simulasi yang sesuai, melakukan input data, menerapkan asumsi penelitian, melakukan verifikasi dan validasi hingga diperoleh simulasi yang sudah terverifikasi dan tervalidasi. Berdasarkan penelitian, simulasi Anylogistix dapat meminimasi jarak rute tempuh yang mulanya sebesar 280.258,7 km menjadi 203.905,93 km (reduksi jarak 27,2%). Selain itu, didapatkan hasil bahwa pengiriman barang dari moda transportasi kecil yang dialokasikan ke moda transportasi besar sebanyak 181 pengiriman dengan utilisasi optimal >70%.

            Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
            Uncontrolled Keywords: Anylogistix; CVRPTW; simulasi; truck upsizing; multidrop
            Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
            Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering Department
            Depositing User: Admin
            Date Deposited: 16 Aug 2023 17:26
            Last Modified: 02 Feb 2024 15:05
            URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20537

            Actions (login required)

            View Item