ARIELLA, CAROLINA and Indrani, Hedy Constancia (2023) Perancangan Interior Sekolah Dasar Katolik Santa Angela di Surabaya dengan Pendekatan Student Centered Learning dalam Kurikulum Merdeka. [UNSPECIFIED]
PDF Download (1086Kb) | |
PDF Download (5Mb) |
Abstract
Sekolah merupakan tempat peserta didik untuk menempuh pendidikan. Pendidikan di sekolah tidak lepas kaitannya dengan kurikulum. Kurikulum di Indonesia saat ini mengalami perubahan dengan menggunakan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum modern yang memiliki pendekatan Student Centered Learning. Perubahan kurikulum dan metode pembelajaran akan berdampak pada perubahan aktivitas pengguna di dalamnya. Sekolah Dasar Katolik (SDK) Santa Angela di Surabaya menempati gedung sekolah yang didirikan sejak tahun 1980 dan masih digunakan hingga sekarang. Saat ini, interior ruang kelas masih nampak menggunakan kurikulum konvensional yaitu teacher centered learning, sehingga perlu dilakukan penyesuaian kebutuhan ruang terhadap perubahan metode pembelajaran yang baru. Untuk itu, perancangan interior ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi pengguna khususnya siswa Sekolah Dasar dan guru dalam menerapkan metode pembelajaran Project Based Learning dan Blended Learning yang digunakan sekolah tersebut dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Batasan area yang dirancang adalah lantai satu, karena menjadi pusat area yang berkaitan dengan proses belajar dan mengajar. Perancangan interior yang menggunakan metode Design Thinking ini menghasilkan solusi desain berupa konsep desain dan implementasinya di dalam ruang untuk menjawab permasalahan yang ditemukan.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Additional Information: | DOI: 10.12962/j12345678.v8i2.17188 |
Uncontrolled Keywords: | Desain Interior; Sekolah Dasar; Kurikulum Merdeka; Student Centered Learning; Project Based Learning; Blended Learning |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Faculty of Art and Design > Interior Design Department |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 28 Oct 2023 01:52 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 18:11 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20590 |
Actions (login required)
View Item |