Logo

PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN UNTUK PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI SEJAK DINI

Marchyta, Nony Kezia and Sutanto, Eddy Madiono (2024) PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN UNTUK PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI SEJAK DINI. [UNSPECIFIED]

[img] PDF
Download (361Kb)
    [img] PDF
    Download (2679Kb)

      Abstract

      Tingkat literasi keuangan yang rendah pada generasi muda dan fenomena peningkatan penggunaan peminjaman secara online (pinjol) mendorong dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat ini. Tujuan pengabdian masyarakat yaitu untuk meningkatkan kesadaran pentingnya literasi keuangan bagi generasi muda dalam mengelola keuangan, sehingga dapat meningkatkan kontrol diri. Generasi muda dengan literasi keuangan yang baik akan cenderung mampu menentukan prioritas dalam pengambilan keputusan keuangan, termasuk mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan yang dimiliki. Sebaliknya, jika generasi muda tidak memiliki literasi keuangan yang baik, maka akan cenderung melakukan kesalahan dalam pengelolaan keuangan yang dapat memberikan dampak negatif dalam jangka panjang. Mitra pengabdian masyarakat yaitu generasi muda yang berusia 15 hingga 21 tahun di bawah naungan Yayasan Adjarmanu, Nusa Tenggara Timur dan Pusat Pengembangan Anak di Surabaya dan Sidoarjo. Pengabdian masyarakat dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan. Materi diberikan menggunakan konsep gamification agar lebih menarik bagi generasi muda. Melalui hasil post-test yang diberikan terlihat kemampuan literasi keuangan para peserta mengalami peningkatan. Respon positif dari para peserta juga terlihat dari hasil wawancara singkat yang dilakukan pada akhir kegiatan pengabdian masyarakat.

      Item Type: UNSPECIFIED
      Uncontrolled Keywords: Literasi keuangan, pengelolaan keuangan, generasi muda.
      Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
      Divisions: Faculty of Economic > Business Management Program
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 28 Dec 2024 17:21
      Last Modified: 08 Jan 2025 15:02
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21339

      Actions (login required)

      View Item