Logo

PERANAN PARA MANAJER DEPARTEMEN (KEY USER ERP) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MELALUI IMPLEMENTASI ERP (Studi kasus Perusahaan Manufaktur Jawa Timur)

Tarigan, Zeplin Jiwa Husada (2009) PERANAN PARA MANAJER DEPARTEMEN (KEY USER ERP) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MELALUI IMPLEMENTASI ERP (Studi kasus Perusahaan Manufaktur Jawa Timur). In: Seminar Nasional Manajemen Teknologi X, ITS Surabaya, Indonesia, 1 Agustus 2009, Surabaya.

[img] Microsoft Word (PERANAN PARA MANAJER DEPARTEMEN (KEY USER ERP) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MELALUI IMPLEMENTASI ERP )
Download (413Kb)

    Abstract

    Teknologi yang berperan dalam mengintegrasikan tiap fungsi dalam perusahaan, adalah teknologi Enterprise Resources Planning (ERP). Teknologi ERP dapat mengintegrasikan fungsi marketing, fungsi produksi, fungsi logistik, fungsi finance, fungsi sumber daya manusia, dan fungsi lainnya. Bagaimana peranan para manajer departemen (key user) mengimplementasikan ERP di perusahaan agar dapat berhasil dan sesuai kebutuhan melalui keunggulan teknologi yang dimiliki oleh ERP, proses manajemen organisasi, manajemen data dan desain proses dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Hasil survey dengan cara wawancara dan penyebaran kuisioner pada industri manufaktur Jawa Timur didapatkan bahwa kinerja perusahaan ditentukan oleh proses manajemen organisasi dan desain proses. Sedangkan keunggulan yang dimiliki ERP dan manajemen data tidak memiliki kontribusi secara signifikan. Efektifitas para manajer berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan ERP, proses manajemen perusahaan, penyediaan data dan desain proses yang disesuaikan dengan teknologi ERP. Kata kunci : Teknologi ERP, Kinerja perusahan, Key user

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Dr Zeplin Jiwa Husada Tarigan
    Date Deposited: 09 Mar 2012 22:28
    Last Modified: 09 Mar 2012 22:28
    URI: http://repository.petra.ac.id/id/eprint/15314

    Actions (login required)

    View Item