Logo

Melalui pendekatan desain inklusi menuju arsitektur yang humanis

Laurens, Joyce Marcella and Tanuwidjaja, Gunawan (2012) Melalui pendekatan desain inklusi menuju arsitektur yang humanis. Seminar nasional "Menuju Arsitektur berEmpati". ISSN 978-979-19503-3-6

[img] Microsoft Word
Download (99Kb)

    Abstract

    Keberlanjutan yang merupakan isu penting dewasa ini, merupakan tantangan bagi para perancang untuk menciptakan rancangan yang peduli pada unsur kemanusiaan. Pendidikan arsitektur berperan dalam mengubah sikap para perancang agar peduli pada pengguna dalam populasi yang beragam, bukan hanya mempertimbangkan bentuk artefak material atau estetika semata. Makalah ini memaparkan suatu metode pendidikan arsitektur dengan pendekatan desain inklusi, yang bertujuan agar setiap orang dapat mengenali dan menggunakan desainnya dengan aman, mudah, secara mandiri dan alami tanpa perlu adaptasi atau solusi khusus. Berdasarkan pengalaman didaktif dan reflektif yang dilaluinya dalam program ini, mahasiswa dapat mengasah kecerdasan intelektual, mental, sosial dan punya kepedulian pada penggunanya.

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Arsitektur, Kemanusiaan, Didaktif-Reflektif, Desain-inklusi
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architecture Department
    Depositing User: Joyce Marcella Laurens
    Date Deposited: 26 Jun 2012 09:27
    Last Modified: 26 Jun 2012 09:27
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/15477

    Actions (login required)

    View Item