Logo

POTRET PESAN KAMPANYE DALAM PEMBERITAAN MEDIA (Studi Analisis Isi Surat Kabar Harian Jawa Pos, Surya dan Koran Sindo tentang pesan kampanye Pilkada Cagub/Cawagub Jatim 2013 )

Aritonang, Agusly Irawan and Indrayani, Inri Inggrit (2014) POTRET PESAN KAMPANYE DALAM PEMBERITAAN MEDIA (Studi Analisis Isi Surat Kabar Harian Jawa Pos, Surya dan Koran Sindo tentang pesan kampanye Pilkada Cagub/Cawagub Jatim 2013 ). In: Konferensi Nasional Komunikasi 2014, 11-03-2014 - 13-03-2014, Batam - Indonesia.

[img]
Preview
PDF
Download (1274Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract Pesan yang disampaikan dalam kampanye merupakan salah satu strategi kandidat untuk menarik perhatian konstituen. Pelaksanaan Pilkada Jatim 2013 menjadi menarik untuk dikaji mengingat keberagaman masyarakat Jawa Timur baik secara sosio kultural maupun religi. Karakteristik masyarakat Jawa Timur yang unik merupakan tantangan bagi kandidat politik untuk mengemas pesan saat kampanye. Menjadi lebih menarik ketika media dengan agenda settingnya memberitakan kepada publik tentang kegiatan kampanye para kandidat. Pertanyaannya seputar bagaimanakah media melakukan pemberitaan terkait pesan kandidat dalam Pilkada Jatim 2013? Tiga harian cetak akan menjadi sasaran penelitian ini yaitu Jawa Pos, Surya, dan Seputar Indonesia (Sindo). Pemilihan media tersebut didasarkan dengan pertimbangan bahwa Jawa Pos merupakan media regional dengan jumlah oplah terbesar, Surya merupakan media lokal yang melayani kelas menengah ke bawah. Di bawah koordinasi Kompas Gramedia Group, sebuah konglomerasi media dan pelopor jurnalisme di Indonesia, Surya menjadi barometer untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Demikian pula dengan dengan Koran Sindo yang merupakan salah satu media yang identik lekat dengan kekuasaan dan politik. Jenis penelitian ialah kuantitatif dengan metode analisis isi dengan jumlah total 61 artikel.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: Keywords : Pesan kampanye, Pilkada 2013, Jawa Pos, Surya, Sindo
    Subjects: H Social Sciences
    Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Department
    Depositing User: Admin
    Date Deposited: 25 Jun 2014 22:42
    Last Modified: 05 Jun 2017 12:18
    URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/16597

    Actions (login required)

    View Item