Aritonang, Agusly Irawan and Indrayani, Inri Inggrit (2014) POTRET PESAN KAMPANYE DALAM PEMBERITAAN MEDIA (Studi Analisis Isi Surat Kabar Harian Jawa Pos, Surya dan Koran Sindo tentang pesan kampanye Pilkada Cagub/Cawagub Jatim 2013 ). In: Konferensi Nasional Komunikasi 2014, 11-03-2014 - 13-03-2014, Batam - Indonesia.
Abstract
Abstract Pesan yang disampaikan dalam kampanye merupakan salah satu strategi kandidat untuk menarik perhatian konstituen. Pelaksanaan Pilkada Jatim 2013 menjadi menarik untuk dikaji mengingat keberagaman masyarakat Jawa Timur baik secara sosio kultural maupun religi. Karakteristik masyarakat Jawa Timur yang unik merupakan tantangan bagi kandidat politik untuk mengemas pesan saat kampanye. Menjadi lebih menarik ketika media dengan agenda settingnya memberitakan kepada publik tentang kegiatan kampanye para kandidat. Pertanyaannya seputar bagaimanakah media melakukan pemberitaan terkait pesan kandidat dalam Pilkada Jatim 2013? Tiga harian cetak akan menjadi sasaran penelitian ini yaitu Jawa Pos, Surya, dan Seputar Indonesia (Sindo). Pemilihan media tersebut didasarkan dengan pertimbangan bahwa Jawa Pos merupakan media regional dengan jumlah oplah terbesar, Surya merupakan media lokal yang melayani kelas menengah ke bawah. Di bawah koordinasi Kompas Gramedia Group, sebuah konglomerasi media dan pelopor jurnalisme di Indonesia, Surya menjadi barometer untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Demikian pula dengan dengan Koran Sindo yang merupakan salah satu media yang identik lekat dengan kekuasaan dan politik. Jenis penelitian ialah kuantitatif dengan metode analisis isi dengan jumlah total 61 artikel.
Actions (login required)