Boentolo, Franky (2023) TINJAUAN PRAKTIK DAN MAKNA PEMBELAJARAN REMEDIAL BERDASARKAN MATIUS 20:1-16. Aletheia Christian Educators Journal, 4 (2). pp. 66-76. ISSN 2776-3714
PDF Download (360Kb) | ||
PDF Download (2833Kb) | ||
| PDF (Paper - Franky B) Download (6Mb) | Preview | |
| PDF (cek plagiasi - Franky B) Download (2863Kb) | Preview |
Abstract
Pembelajaran remedial merupakan bagian integratif dari proses pembelajaran, yang bertujuan menolong murid yang belum mencapai performa minimal yang ditentukan. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran difokuskan pada aspek akademis, padahal potensi dampak positifnya dalam diri para murid bisa jauh lebih luas. Pelaksanaan pembelajaran remedial ditinjau dengan sudut pandang pendidikan Kristen, khususnya nats Matius 20:1-16 sebagai dasar tinjauan, yang mengajarkan prinsip keadilan dan kasih karunia. Model penelitianyang digunakan adalah studi literatur, baik dalam cakupan literatur pendidikan tentang pembelajaran remedial dan pendidikan Kristen, maupun tafsiran terhadap Matius 20:1-16. Hasil penelusuran literatur menggambarkanbahwa pembelajaran remedial dapat menjadi sarana perwujudan keadilan dan kasih karunia dalam bidang pendidikan, karena pembelajaran remedial merupakan wujud kasih karunia kepada murid yang membutuhkan bantuan, sekaligus menjadi upaya pemenuhan kebutuhan setiap murid. Namun demikian, pelaksanaanremedial perlu memperhatikan dua hal: direspons proaktif oleh murid yang membutuhkan, dan tidak membebani murid tersebut dengan tambahan biaya.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | https://aletheia.petra.ac.id/index.php/aletheia/article/view/215/119 |
Uncontrolled Keywords: | kasih karunia, keadilan, menolong, pembelajaran, remedial |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 21:29 |
Last Modified: | 30 May 2024 10:05 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20979 |
Actions (login required)
View Item |