Logo

TINJAUAN PRAKTIK DAN MAKNA PEMBELAJARAN REMEDIAL BERDASARKAN MATIUS 20:1-16

Boentolo, Franky (2023) TINJAUAN PRAKTIK DAN MAKNA PEMBELAJARAN REMEDIAL BERDASARKAN MATIUS 20:1-16. Aletheia Christian Educators Journal, 4 (2). pp. 66-76. ISSN 2776-3714

[img] PDF
Download (360Kb)
    [img] PDF
    Download (2833Kb)
      [img]
      Preview
      PDF (Paper - Franky B)
      Download (6Mb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF (cek plagiasi - Franky B)
        Download (2863Kb) | Preview

          Abstract

          Pembelajaran remedial merupakan bagian integratif dari proses pembelajaran, yang bertujuan menolong murid yang belum mencapai performa minimal yang ditentukan. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran difokuskan pada aspek akademis, padahal potensi dampak positifnya dalam diri para murid bisa jauh lebih luas. Pelaksanaan pembelajaran remedial ditinjau dengan sudut pandang pendidikan Kristen, khususnya nats Matius 20:1-16 sebagai dasar tinjauan, yang mengajarkan prinsip keadilan dan kasih karunia. Model penelitianyang digunakan adalah studi literatur, baik dalam cakupan literatur pendidikan tentang pembelajaran remedial dan pendidikan Kristen, maupun tafsiran terhadap Matius 20:1-16. Hasil penelusuran literatur menggambarkanbahwa pembelajaran remedial dapat menjadi sarana perwujudan keadilan dan kasih karunia dalam bidang pendidikan, karena pembelajaran remedial merupakan wujud kasih karunia kepada murid yang membutuhkan bantuan, sekaligus menjadi upaya pemenuhan kebutuhan setiap murid. Namun demikian, pelaksanaanremedial perlu memperhatikan dua hal: direspons proaktif oleh murid yang membutuhkan, dan tidak membebani murid tersebut dengan tambahan biaya.

          Item Type: Article
          Additional Information: https://aletheia.petra.ac.id/index.php/aletheia/article/view/215/119
          Uncontrolled Keywords: kasih karunia, keadilan, menolong, pembelajaran, remedial
          Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
          L Education > LB Theory and practice of education
          Divisions: UNSPECIFIED
          Depositing User: Admin
          Date Deposited: 16 Feb 2024 21:29
          Last Modified: 30 May 2024 10:05
          URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/20979

          Actions (login required)

          View Item