Logo

Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Google Classroom terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Subekti, Iman and SUTANTO, YOEL KURNIAWAN and Hariyanto, (2024) Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Google Classroom terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Aletheia Christian Educators Journal, Vol. 5 (No. 1). pp. 25-23. ISSN 2776-3714

[img] PDF
Download (277Kb)
    [img] PDF
    Download (3059Kb)

      Abstract

      Classroom terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas 1 di salah satu SD Kristen di Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan desain Equivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah 62 siswa kelas 1 dan obyek penelitian adalah kegiatan yang berlangsung pada saat proses belajar mengajar. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik pengamatan keaktifan siswa dan tes prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan ANOVA. Hasil uji t menunjukkan nilai t-h&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892; sebesar 4,421 > &#119905;-&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897; sebesar 2,000, dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kelas kontrol dan eksperimen. Hasil ANOVA menunjukkan F-hitung sebesar 6,264 > F-tabel sebesar 4,001 dengan nilai signifikansi adalah 0,018 < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh keaktifan siswa dalam Google Classroom terhadap prestasi belajar Matematika. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh nilai R square yaitu 0.178 yang berarti 17.8% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor keaktifan siswa dalam Google Classroom dan sisanya 82.2% dipengaruhi oleh faktor lain.

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Google classroom, keaktifan siswa, prestasi belajar.
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
      Divisions: UNSPECIFIED
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 04 May 2024 18:42
      Last Modified: 15 Jul 2024 21:49
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21067

      Actions (login required)

      View Item