Subekti, Iman and SUTANTO, YOEL KURNIAWAN and Hariyanto, (2024) Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Google Classroom terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Aletheia Christian Educators Journal, Vol. 5 (No. 1). pp. 25-23. ISSN 2776-3714
PDF Download (277Kb) | |
PDF Download (3059Kb) |
Abstract
Classroom terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas 1 di salah satu SD Kristen di Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan desain Equivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah 62 siswa kelas 1 dan obyek penelitian adalah kegiatan yang berlangsung pada saat proses belajar mengajar. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik pengamatan keaktifan siswa dan tes prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan ANOVA. Hasil uji t menunjukkan nilai t-h𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 4,421 > 𝑡-𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 2,000, dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kelas kontrol dan eksperimen. Hasil ANOVA menunjukkan F-hitung sebesar 6,264 > F-tabel sebesar 4,001 dengan nilai signifikansi adalah 0,018 < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh keaktifan siswa dalam Google Classroom terhadap prestasi belajar Matematika. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh nilai R square yaitu 0.178 yang berarti 17.8% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor keaktifan siswa dalam Google Classroom dan sisanya 82.2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Google classroom, keaktifan siswa, prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 04 May 2024 18:42 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 21:49 |
URI: | https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21067 |
Actions (login required)
View Item |