Logo

Keyakinan Guru Dalam pemberian Tugas Proyek

Yoedo, Yuli Christiana and CLAUDIUS, JHOTNES ANTORA (2024) Keyakinan Guru Dalam pemberian Tugas Proyek. Aletheia Christian Educators Journal, 5 (1). pp. 1-7. ISSN 2776-3714

[img] PDF
Download (211Kb)
    [img] PDF
    Download (1745Kb)

      Abstract

      Penelitian kualitatif ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana keyakinan guru berperan dalam pemberian tugas proyek di Kelas 2 SDTK Pelangi Kristus Surabaya. Penelitian ini juga menjelaskan kesesuaian antara keyakinan guru dengan praktiknya di kelas. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru sains yang sering memberikan tugas proyek sebagai bagian dalam proses pembelajaran. Keyakinan bisa menjadi alasan utama atas tindakan apa yang dilakukan oleh semua orang tak terkecuali guru (Bandura, 1997). Keyakinan guru mempengaruhi cara dan bentuk pembelajaran yang diberikan termasuk tugas proyek. Tugas proyek merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang materi pelajaran dengan membuat suatu karya. Dalam pembuatan tugas proyek, dukungan diberikan untuk memperlancar jalannya proses pengerjaan tugas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keyakinan guru berperan penting terhadap proses tersebut. Keyakinan guru tersebut berkaitan dengan kemampuan guru dan murid, minat murid dan kegiatan murid di luar sekolah.

      Item Type: Article
      Uncontrolled Keywords: Keyakinan guru, respon murid, tugas proyek
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
      Divisions: UNSPECIFIED
      Depositing User: Admin
      Date Deposited: 27 Jun 2024 21:03
      Last Modified: 28 Jun 2024 04:04
      URI: https://repository.petra.ac.id/id/eprint/21016

      Actions (login required)

      View Item