Vidyarini, Titi Nur (2017) Brand dan Reputasi Bangsa melalui PR Internasional. [UNSPECIFIED]
Abstract
Public relations secara esensi adalah pengelolaan komunikasi antara organisasi dan publiknya. PR Internasional dilakukan oleh organisasi/negara menyasar publik yang berada di luar negara tersebut, dengan tujuan untuk pencapaian obyektif negara tersebut tanpa menyakiti kepentingan negara sasaran. Dua ranah PR Internasional yang dibahas adalah diplomasi publik dan destination/place branding, dimana bidang komunikasi beririsan dengan marketing dan politik. Kedua istilah tersebut bukan istilah baru, namun masih relevan dalam kondisi saat ini. Paper ini ditulis untuk melihat bagaimana PR Internasional dapat dilakukan khususnya untuk Indonesia, dimana masyarakat dilibatkan secara aktif dalam proses pembentukan reputasi nasional dan internasional. Program Nawa Cita Jokowi dibahas secara singkat untuk memberikan gambaran latar belakang dari PR Internasional yang dapat dilakukan Indonesia. PR Internasional dilakukan melalui proses yang terencana, melibatkan berbagai komponen bangsa, dengan kompetensi komunikasi antar budaya, memaksimalkan competitive identity negara dan mengidentifikasi publik sasaran yang sesuai. Proses PR Internasional bukanlah peristiwa berakibat perubahan reputasi secara singkat, bersifat kompleks dan memerlukan kerjasama dari berbagai sektor.
Actions (login required)